RB Lubuk Pakam merupakan RB yang tergabung pada BUMN Telkom Indonesia. RB Lubuk Pakam memberikan pelatihan, pendampingan, dan konsultasi bisnis untuk membantu pelaku bisnis UMKM terus berkembang. RB Lubuk Pakam memiliki target untuk membentuk UMKM baru dan meningkatkan kualitas UMKM berdasarkan level pelatihan masing- masing sejumlah 268 UMKM Go Modern, 200 UMKM Go Digital, 84 UMKM Go Online dalam satu tahun. Namun realisasi dari target tersebut belum mampu untuk dicapai oleh RB Lubuk Pakam. Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan kepada peserta pelatihan, ditemukan bahwa peserta tidak mendapatkan pelatihan secara rutin dan materi yang disampaikan tidak menarik sehingga peserta pelatihan tidak mendapatkan pelatihan yang berkualitas. Dalam mengatasi permasalahan yang ada, penelitian ini menggunakan pendekatan integrasi service quality dan model kano dalam menemukan solusi peningkatan efektifitas kualitas layanan pelatihan RB Lubuk Pakam. Dimensi yang digunakan pada penelitian ini yaitu Training Delivery, Training Content, Post Training Treatment, Instructor, Reliability, dan Training Aminities. Dari dimensi yang telah ada ditemukan 18 atribut kebutuhan kualitas layanan pelatihan RB Lubuk Pakam. Dengan menggunakan integrasi service quality dan model kano, dihasilkan 12 atribut yang dinilai lemah untuk ditingkatkan yang menjadi true customer needs.