ANALISIS RESPON PENGGUNA TWITTER TERHADAP TRAGEDI KANJURUHAN MALANG MENGGUNAKAN SENTIMENT ANALYSIS DAN TOPIC MODELLING

MOCHAMMAD SYAHDAN ILMANIZAR

Informasi Dasar

272 kali
23.04.4242
302.23
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tragedi kanjuruhan malang merupakan sebuah kecelakaan dan sebuah tragedi yang cukup mengerikan dalam olahraga sepakbola di Indonesia, dimana ratusan nyawa melayang begitu saja dalam dunia olahraga yang harusnya menjadi tontonan hiburan bagi masyarakat. Kejadian ini menjadi perbincangan publik di Indonesia bahkan dunia, khususnya pada media sosial twitter kejadian ini langsung masuk dalam daftar trending nomor 1 di Indonesia, berbagai ucapan belasungkawa sampai dengan opini mengenai penyebab dari tragedi tersebut terjadi di ungkapkan oleh para pengguna twitter, sampai-sampai menyangkut instansi kepolisian Indonesia sebagai satuan keamanan pada kejadian tersebut dan juga PSSI sebagai penanggung jawab pengelolaan sepakbola di Indonesia. Tentunya dari ramainya publik yang membicarakan kejadian tersebut menjadi sebuah pertanyaan bagaimana respon dan apa saja opini yang di keluarkan oleh para pengguna twitter terkait dengan kejadian tragedi kanjuruhan malang sebagai objek penelitian.

 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana respon yang dikeluarkan oleh para pengguna twitter terkait dengan kejadian tragedi kanjuruhan malang, apakah mengarah kea rah positif, negatif atau netral, serta mengetahui apa saja topik yang di bahas atau dibicarakan terkait dengan kejadian tersebut. Dalam penelitian ini untuk mencapai tujuan dari penelitian, penulis menggunakan metode sentiment analysis untuk mengetahui respon para pengguna twitter mengarah kea rah positif, negatif, ataupun netral. Selain itu juga penulis memakai metode Topic Modelling sebagai metode untuk mengetahui apa saja topik pembicaraan yang dibahas pengguna twitter terkait dengan kejadian tragedi kanjuruhan.

Subjek

TWITTER
MEDIA OF COMMUNICATION,

Katalog

ANALISIS RESPON PENGGUNA TWITTER TERHADAP TRAGEDI KANJURUHAN MALANG MENGGUNAKAN SENTIMENT ANALYSIS DAN TOPIC MODELLING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MOCHAMMAD SYAHDAN ILMANIZAR
Perorangan
Nurvita Trianasari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • EBI3B4 - BIG DATA AND DATA ANALYTICS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini