Game online merupakan permainan yang dikerjakan dan dibuat untuk dimainkan di mobile device pada tablet PCs dan smartphone. Saat ini, telah banyak platform seperti android dan windows phone membuat game. Game Mobile Legends merupakan game developer yang mempunyai asal dari Moonton. Game yang termasuk dalam game MOBA tersebut terus mengalami perkembangan dan semakin popular yang ditunjukan dengan masuk dalam daftar nomer 5 game paling popular yang terdapat di playstore dengan jumlah terdownload sebanyak 100 juta lebih dan mendapatkan rating bintang 4,1 dari 27 juta ulasan. Salah satu bentuk strategi pemasaran yang saat ini sering dipakai demi tujuan tersebut adalah strategi Celebrity endorsement. Karakteristik pribadi Celebrity endorser sangat berpengaruh terhadap efektivitas dari sebuah proses endorsement. Karakteristik yang diperhatikan yaitu attractiveness, likeability, expertise, dan trustworthiness.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh endorsement bagi reputasi perusahaan dan melihat pengaruh celebrity endorsement bagi company reputation yang dimoderasi masing-masing variabel celebrity characteristic (attractiveness, likeability, expertise, dan trustworthiness).
Penelitian ini dieksplorasi dengan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui kuisioner pengguna atau user Mobile Game, Mobile Legend di Indonesia sebanyak 286 sampel diambil berdasarkan teknik standar, teknik Structural Equation Model menggunakan rumus slovin yang diolah menggunakan software Smart-PLS. Penelitian ini menggunakan metode non-probability untuk pengujian hipotesis dengan tahapan PLS-SEM (Partial Least Squares Structural Equation Modelling).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa celebrity attractiveness mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap reputasi perusahaan, celebrity expertise mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap reputasi perusahaan, celebrity trustworthiness mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap reputasi perusahaan, dan celebrity likeability mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap reputasi perusahaan
Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa Karakteristik pribadi Celebrity endorser sangat berpengaruh terhadap efektivitas dari sebuah proses endorsement terhadap reputasi perusahaan. Kemudian implikasi dari penelitian ini yaitu Moonton dapat menambah celebrity yang melakukan endorse terhadap mobile legend dengan menggunakan celebrity yang tidak hanya memiliki keahlian dalam bermain mobile legend namun juga memiliki daya tarik yang tinggi seperti celebrity yang tergabung dalam e-sports yang tentunya lebih memiliki daya tarik tinggi dengan usia yang lebih muda dan digemari masyarakat yang lebih muda