PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN KREATIVITAS TERHADAP KINERJA INOVASI DI KALANGAN UKM KULINER DI DKI JAKARTA SAAT COVID-19

JIHAN FEBIRIZKY AULIA

Informasi Dasar

82 kali
23.04.4442
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

UKM di Indonesia merupakan salah satu penggerak utama perekonomian. Jumlah UKM selalu meningkat setiap tahunnya seiring dengan tingginya kebutuhan modal pada tahun 2021. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh media sosial dan kreativitas terhadap kinerja inovasi di kalangan UKM kuliner di DKI Jakarta saat Covid-19. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana penggunaan sosial media, kreativitas terhadap kinerja inovasi dan bagaimana pengaruh sosial media dan kreativitas secara simultan dan parsial terhadap kinerja inovasi di kalangan UKM kuliner di DKI Jakarta saat Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penlitian deskriptif. Skala pengukuran yang digunakan dalan penelitian ini adalah Skala ordinal, pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis secara simultan (uji f), sosial media dan kreativitas secara simultan mempengaruhi kinerja inovasi, dilihat dari nilai Fhitung > Ftabel (26,664>2,31) dan tingkat signifikasi sebesar 0,00<0,05. Berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial (uji t), sosial media memiliki Thitung 6,576 > 1,985 yang berati persepsi & daya tarik berpengaruh terhadap kepuasan, dan signifikan sebesar 0.000< 0.05 mengartikan sosial media tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja inovasi. Kreativitas memiliki nilai Thitung 2,822 > 1,985 yang berarti kondisi fisik fasilitas/saranan prasarana berpengaruh terhadap kepuasan dan tingkat signifikan sebesar 0,003 < 0,05 berati kreativitas tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat kinerja inovasi. Kesimpulan penelitian ini adalah dapat diketahui bahwa UKM yang memiliki kreativitas dan inovasi produk yang tinggi akan memiliki kemampuan dalam mencapai kinerja usaha yang tinggi pula. Oleh karena itu, UKM diharapkan mampu memunculkan kreativitas dan inovasi produk secara berkelanjutan sehingga meningkatkan kinerja usaha yang maksimal.


Kata Kunci: Kreativitas. Kinerja inovasi. UKM kuliner.

Subjek

WIRAUSAHA INOVASI
 

Katalog

PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN KREATIVITAS TERHADAP KINERJA INOVASI DI KALANGAN UKM KULINER DI DKI JAKARTA SAAT COVID-19
 
xiii, 132p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JIHAN FEBIRIZKY AULIA
Perorangan
Devilia Sari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini