PERANCANGAN ULANG BOGOR CREATIVE CENTER DENGAN PENDEKATAN PERILAKU KOMUNITAS KREATIF

RAFLYANDI ALDI NUGRAHA

Informasi Dasar

159 kali
23.04.4517
729
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Fenomena kenaikan pelaku UMKM dalam industri kreatif membuat peningkatan perekonomian di Indonesia dalam lima tahun terakhir. Ekonomi kreatif berkontribusi sebanyak tujuh persen terhadap perekonomian indonesia. Hal ini membuat pemerintah, khususnya pemerintah provinsi Jawa Barat menciptakan sebuah tempat pusat kreatif sebagai wadah untuk para pelaku industri kreatif ini berkreasi dan meningkatkan perekonomian di wilayahnya. Sebelumnya sudah terdapat beberapa bangunan pusat kreatif yang berdiri, tetapi dari segi fasilitas dan fungsi ruangan masih kurang dapat memenuhi kebutuhan aktivitas para pelaku ekonomi kreatif, salah satunya Bogor Creative Center. Sejak pertama kali di resmikan pada tahun 2021, Bogor Creative Center masih kurang dapat menarik perhatian para pelaku ekonomi kreatif yang ada di Kota Bogor. Hal itu disebabkan karena fasilitas yang masih belum disediakan, dan juga fungsi ruangan yang disediakan masih secara general belum terkonsentrasi dengan fungsi ruang yang khusus untuk subsektor ekonomi kreatif yang unggul di Kota Bogor. Sehingga perlu adanya perancangan ulang terhadap interior Bogor Creative Center agar dapat menarik perhatian para pelaku ekonomi kreatif di Kota Bogor menggunakan tempat ini untuk berkolaborasi dan menciptakan karya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan behaviour untuk mengidentifikasi permasalahan, memahami aktivitas dan perilaku para pelaku ekonomi kreatif di Kota Bogor agar dapat menggunakan tempat ini dengan nyaman dan aman. Sehingga hasil perancangan ini dapat menjadikan Bogor Creative Center sebagai pusat aktivitas kreatif warga Kota Bogor dan menghasilkan nilai ekonomi untuk memajukan perekonomian Kota Bogor.

Kata Kunci: Industri kreatif, Behaviour, Creative Center, Kota Bogor

Subjek

TUGAS AKHIR
REDESIGN,

Katalog

PERANCANGAN ULANG BOGOR CREATIVE CENTER DENGAN PENDEKATAN PERILAKU KOMUNITAS KREATIF
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAFLYANDI ALDI NUGRAHA
Perorangan
Ully Irma Maulina Hanafiah, Irwana Zulfia Budiono
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Interior
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini