Bullying merupakan sebuah fenomena yang mencakup segala tindakan yang disertai dengan kekerasan dengan tujuan menyakiti atau mengganggu korban. Yang mana pencegahannya dapat dilakukan oleh para orang tua dengan menerapkan pola asuh yang tepat pada anak usia dini. Maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran mengenai penerapan pola asuh pada anak usia dini sehingga dapat menjadi upaya pencegahan bullying ke depannya. Penelitian ini menggunakan tipe-tipe pola asuh orang tua menurut Diana Baumrind, yaitu Authoritative, Authoritarian, Permissive, dan Neglecting sebagai acuan dalam proses komunikasi yang diterapkan oleh orang tua/walimurid kepada anaknya. Penelitian kualitatif ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif dan metode pengumpulan data dengan teknik wawancara secara mendalam. Data diambil dari tiga orang walimurid sebagai informan kunci, disertai satu orang psikolog anak sebagai informan ahli dan satu orang guru TK sebagai informan pendukung. Adapun subjek yang menjadi fokus dalam penelitian ini merupakan orang tua dari murid TK Aisyiyah 12 Antapani, Bandung yang memiliki riwayat pernah terlibat dalam kasus bullying baik sebagai pelaku maupun korban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi tipe pola asuh Authoritative oleh orang tua murid TK Aisyiyah 12 Antapani, Bandung dapat menjadi faktor penyelesaian kasus bullying yang terjadi, baik bagi anak pelaku bullying maupun anak korban bully. Dan juga dapat digunakan sebagai pola asuh untuk mencegah anak melakukan tindakan negatif pada orang lain.
Kata Kunci : Pola Asuh Orang Tua, Bullying, Anak Usia Dini