Sparring Game Center adalah usaha yang bergerak di bidang jasa penyewaan konsol PlayStation 5 yang berlokasi di Jalan Terusan Batik Halus, Sukaluyu, Cibeunying Kaler, Bandung. Sparring Game Center ini termasuk usaha yang belum menerapkan teknologi komputerisasi untuk menjalankan proses bisnisnya. Pemilik Sparring Game Center dalam mencatat pemesanan masih secara manual di buku. Apabila pencatatan telah menumpuk, pemilik mengalami kesulitan dalam memeriksa jadwal dan ruangan yang masih tersedia. Selain itu, pemilik tidak membuat laporan pemesanan dan penjurnalan untuk menghasilkan laporan keuangan bisnis. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dibuatkan aplikasi berbasis web untuk pemesanan ruangan. Pembuatan aplikasi ini menggunakan metode Software Development Life Cycle (SDLC) dengan pendekatan model waterfall dan diimplementasikan dengan Bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Adapun pengujian aplikasi dilakukan dengan metode Black Box Testing terhadap fungsionalitas aplikasi, sehingga dapat disimpulkan aplikasi ini memudahkan pelanggan dalam memilih jadwal dan ruangan pemesanan yang masih tersedia tanpa harus datang ke tempat dan mengantri. Selain itu, memudahkan pemilik dalam mencatat pemesanan ruangan yang datanya akan terintegrasi dengan penjurnalan, buku besar, dan juga menghasilkan laporan pemesanan. Sistem pemesanan juga dapat mengurangi potensi pelanggan yang membatalkan pemesanan karena semua dikenakan uang muka (Down Payment) sebesar 50% dari total pemesanan.
Kata Kunci: pemesanan, aplikasi, waterfall, PHP, MySQL