Dinas Sosial XYZ adalah unsur pelaksana yang menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang sosial. Salah satu bidang pada Dinas XYZ yaitu bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos). Bidang Linjamsos memliki tugas mengatasi masalah kebutuhan barang bantuan logistik untuk diberikan kepada para korban terdampak bencana di Kabupaten dan Kota maupun diberikan kepada Dinas Sosial kabupaten dan kota lain. Pengolahan data di gudang Dinas Sosial XYZ saat ini masih dikelola secara komputerisasi bahkan terkadang tidak dilakukan pencatatan terhadap barang, sehingga saat mencari data barang harus dilakukan secara manual dan data aktual terhadap setiap barang tidak diketahui. Selain itu, tidak terdatanya waktu kadaluarsa dan tidak adanya fitur pengingat waktu kadaluarsa dari setiap barang menyebabkan terjadinya barang yang kadaluarsa pada gudang sebelum disalurkan ke tempat para korban bencana.
Pada perancangan Tugas Akhir ini penulis menggunakan metode Waterfall dan Klasifikasi ABC. Metode Waterfall digunakan sebagai pengembangan alur dari sistem yang dibuat, sedangkan metode klasifikasi ABC digunakan untuk menghasilkan 3 kelas kategori produk yang digunakan untuk menyusun tata letak barang di gudang Dinas Sosial XYZ. Selain itu terdapat juga tools yang digunakan untuk menguji sistem pada tugas akhir ini yaitu Black Box Testing dan User Acceptance Testing (UAT)
Hasil dari Tugas Akhir ini adalah sebuah sistem informasi pada gudang Dinas Sosial XYZ yang dapat membantu pengelolaan data secara terstruktur, laporan stok barang mengacu pada masa expired dari setiap barang dan juga mengatur penyimpanan produk sesuai hasil dari klasfikasi ABC. Dari uji coba yang dilakukan pada calon pengguna, hasil menunjukkan bahwa sistem telah memenuhi harapan pengguna dengan menggunakan sistem informasi yang telah dirancang.
Kata kunci — [Dinas Sosial XYZ, Sistem Informasi Pergudangan, Waterfall, dan Klasifikasi ABC]