PERANCANGAN ALOKASI PRODUK DI SUPERMARKET DENGAN MENERAPKAN ASSOCIATION RULE MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENINGKATKAN IMPULSE BUYING (STUDI KASUS: SUPERMARKET XYZ)

MUH. FAYITZ RADHI

Informasi Dasar

235 kali
23.04.4751
006.312
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Supermarket XYZ adalah perusahaan retail yang terletak di kota bandung. Supermarket ini menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari, mulai dari makanan ringan, minuman, sembako, perlengkapan rumah tangga, kosmetik dan lain-lain. Masalah yang dihadapi Supermarket XYZ yaitu pada layout yang masih belum tertata dengan baik sehingga dapat menyulitkan konsumen dalam mencari barang yang diinginkan. Oleh sebab itu permasalahan layout ini mengakibatkan turunnya penjualan produk dan mengakibatkan rendahnya impulse buying pada tahun 2022 dan beberapa bulan mengalami penurunan drastis pada penjualan produk. Algoritma Apriori termasuk dalam kategori aturan asosiasi dalam bidang data mining, yang bertujuan untuk menemukan himpunan item yang sering muncul dalam kumpulan data. Proses analisis apriori melibatkan penemuan semua aturan apriori yang memenuhi persyaratan support dan confidence minimum. Penelitian ini menerapkan teknik Association Rule Mining dengan algoritma Apriori dalam perancangan alokasi produk di supermarket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan algoritma Apriori untuk mengidentifikasi aturan asosiasi antara produk-produk di Supermarket XYZ telah memberikan dampak positif pada peningkatan Impulse Buying. Temuan ini mengungkap bahwa aturan asosiasi yang kuat dan relevan membantu mengarahkan konsumen untuk membeli produk-produk yang mungkin tidak mereka pertimbangkan sebelumnya, mengoptimalkan tata letak produk di rak-rak supermarket, dan meningkatkan peluang penjualan. Selain itu, hasil analisis juga mencatat peningkatan signifikan dalam perilaku impulse buying, dengan peningkatan sebesar 38.76%, yang secara keseluruhan menggambarkan bahwa semakin besar persentase impulse buying, semakin tinggi potensi peningkatan penjualan produk. Temuan ini memberikan wawasan yang berharga bagi Supermarket XYZ untuk meningkatkan efisiensi penjualan dan memperbaiki pengalaman berbelanja pelanggan.

Subjek

DATA MINING
 

Katalog

PERANCANGAN ALOKASI PRODUK DI SUPERMARKET DENGAN MENERAPKAN ASSOCIATION RULE MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENINGKATKAN IMPULSE BUYING (STUDI KASUS: SUPERMARKET XYZ)
 
xiv, 109p
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUH. FAYITZ RADHI
Perorangan
Erlangga Bayu Setyawan, Seto Sumargo
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Logistik
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini