Analisis data sentimen dilakukan untuk mendapatkan hasil berupa opini atau pendapat masyarakat tentang suatu hal. di penelitian ini peneliti menggunakan metode Naive Bayes dalam menganalisa data sentimen kuliner di kota bandung, yang bertujuan untuk membantu pemerintah dapat mengetahui reputasi kuliner dan merekomendasikannya pada wisatawan yang ada di kota Bandung. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa komentar - komentar terkait kuliner kota Bandung yang ada di kanal youtube tanboykun. pengambilan media sosial youtube dikarenakan youtube merupakan salah satu media sosial yang sering digunakan oleh masyarakat untuk penyebaran informasi terutama rekomendasi rekomendasi kuliner. Dalam penelitian ini demi menunjang algoritma Naive Bayes adapun proses-proses yang dijalankan sebelum ke tahap klasifikasi, diantaranya yaitu Case folding, Tokenizing, Stopword Removal, dan TF IDF. setelah dilakukannya pengoptimalan menggunakan K Fold, namun hasil dari K Fold sendiri dapat dikatakan kurang bagus dikarenakan hasil akurasi yang didapatkan lebih kecil dibandingkan dengan hasil model Naive Bayes sendiri. Hasil yang didapatkan dari model Naive Bayes sendiri dengan menggunakan partisi dataset pertama dengan rasio 70 data training dan 30 data testing didapatkan hasil akurasi sebesar 89,74% dan rata-rata classification report dataset pertama sebesar 95% precision, 56% recall, dan F1-score 57%.