PENGENALAN MOTIF BATIK PEKALONGAN BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

ELVIANI SARAGIH

Informasi Dasar

133 kali
23.04.4902
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Batik merupakan salah satu warisan budaya yang sangat beragam dan memiliki arti dan motif yang

berbeda pada setiap daerah. Ada banyak sekali jenis batik yang terdapat di Indonesia, Khususnya

dari Jawa Tengah tepatnya Pekalongan. Namun sangat disayangkan dewasa ini masyarakat terutama

kalangan orang muda sudah mulai melupakan dan tidak tertarik untuk melestarikan budaya batik ini.

Oleh karena itu penulis merancang sebuah aplikasi pengenalan batik Pekalongan Jawa Tengah yang

menarik dan interaktif dengan memanfaatkan teknologi Augmented reality (AR). Aplikasi ini

digunakan sebagai media pembelajaran untuk anak sekolah dasar Negeri 2 Cilandak untuk kelas 6

dalam bentuk augmented reality. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan agar dapat membantu

mempermudah dan menambah minat belajar siswa dalam mengenal berbagai macam motif batik

dari Pekalongan Jawa Tengah dengan cara yang menarik dengan teknologi AR. Perancangan aplikasi

dibuat menggunakan metode multimedia development life cylcle (MDLC) dan tools Unity.

Berdasarkan hasil pengujian aplikasi pengenalan motif batik berbasis augmented reality dapat

disimpulkan bahwa aplikasi berfungsi dengan baik 86% dengan perhitungan skala likert.

 

Kata Kunci: Augmented Reality,Batik Jawa Tengah,Batik Pekalongan,Unity.

Subjek

3D ANIMATION
 

Katalog

PENGENALAN MOTIF BATIK PEKALONGAN BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ELVIANI SARAGIH
Perorangan
Fitri Susanti, Aprianti Putri Sujana
 

Penerbit

Universitas Telkom, D4 Teknologi Rekayasa Multimedia
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • SMH2M4 - ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM MULTIMEDIA
  • VEI3A3 - AUGMENTED REALITY

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini