Emosi merupakan hal yang pasti dimiliki oleh setiap individu. Sangat wajar dan normal apabila seorang individu dapat merasakan beragam emosi, bahkan sejak masa kanak-kanak. Namun, ada kalanya emosi yang muncul tidak dapat terkontrol sehingga menyebabkan terjadinya hal yang tidak diinginkan. Pada anak, emosi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan tantrum berupa berteriak dan melempar barang miliknya ke orang lain jika keinginannya tidak terpenuhi. Maka dari itu dibutuhkan adanya pendidikan mengenai kecerdasan emosional atau EQ (Emotional Quotient Intelligence) kepada anak sejak dini dengan harapan anak dapat mengontrol emosinya dengan baik. Tujuan perancangan ini adalah dengan merancang buku cergam mengenai kecerdasan emosional agar anak-anak tertarik mempelajari beragam emosi, serta dapat mengimplementasikannya dengan baik di lingkungan sampai anak beranjak dewasa nanti. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk pengembangan media belajar bagi anak dalam mempelajari berbagai edukasi salah satunya tentang kecerdasan emosional dan dapat diterapkan pada materi pembelajaran lainnya. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Data yang diperoleh kemudian dianalisa dengan menggunakan analisis matriks perbandingan, dengan mengacu pada delapan pokok bahasan yaitu desain grafis, Desain Komunikasi Visual, story telling, buku cerita anak, ilustrasi, gaya gambar, layout, dan font/tipografi.
Kata Kunci: Desain grafis, Desain Komunikasi Visual, story telling, buku cerita anak, ilustrasi, gaya gambar, layout, dan font/tipografi.