Sampah telah menjadi permasalahan lingkungan yang umum ada dimasyarakat. Kemunculan bank sampah untuk membantu pengelolaan sampah dilihat dapat mengurangi masalah dari sampah yang ada pada lingkungan. Bank sampah membantu pengelolaan sampah dan juga memberikan keuntungan secara ekonomi pada masyarakat yang bergabung menjadi nasabah bank sampah. Salah satu bank sampah yang ada di Gianyar, Bali adalah Griya Luhu. Bank Sampah Griya Luhu berfokus untuk membantu masalah pengelolaan sampah dengan menggunakan program bank sampah yang mereka miliki. Bank Sampah Griya Luhu menghadapi permasalahan kurangnya engagement masyarakat terhadap isu pengelolaan sampah dan bank sampah. Selain itu, sistem desain yang dimiliki belum memiliki karakter kuat yang dapat menunjukkan karakter dari Griya Luhu. Dari permasalahan yang ada, diperoleh data-data yang didapatkan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, kuesioner, dan studi pustaka untuk kemudian dianalisis menggunakan kerangka kerja strategi desain, dimana strategi yang dikeluarkan berupa rekomendasi desain berdasarkan hasil analisis internal dan eksternal. Rekomendasi desainnya digunakan untuk membantu Griya Luhu dalam meningkatkan potensi pengembangan usahanya.
Kata Kunci: Strategi Desain, Bank Sampah, Media Identitas, Media Komunikasi