Dalam era modern, penggunaan smartphone di Indonesia mencapai tingkat tertinggi, tetapi juga mengganggu konsentrasi belajar, terutama di kalangan mahasiswa. Teknik pomodoro (siklus belajar 25 menit dan istirahat 5 menit) muncul sebagai solusi, namun memiliki keterbatasan. Konsep gamifikasi, mengaplikasikan elemen permainan dalam situasi non-permainan, dapat meningkatkan motivasi dan performa akademik. Penelitian ini mengembangkan aplikasi yang menggabungkan teknik pomodoro dan gamifikasi untuk meningkatkan motivasi dan konsentrasi siswa dalam belajar, sambil mengatasi dampak negatif ketergantungan perangkat gawai. Perancangan aplikasi ini mempertimbangkan tantangan dalam menjaga konsentrasi dan motivasi pengguna, serta menciptakan antarmuka yang cocok untuk berbagai rentang waktu konsentrasi. Hasil uji coba menunjukkan bahwa pendekatan ini berhasil menggabungkan prinsip gamifikasi dengan metode Pomodoro dalam menciptakan pengalaman belajar yang efektif bagi mahasiswa. Dengan demikian, aplikasi ini memberikan solusi untuk meningkatkan konsentrasi dan motivasi siswa selama sesi belajar, sesuai dengan profil pengguna yang diidentifikasi.
Kata Kunci: Aplikasi, Pomodoro, Gamifikasi, Konsentrasi Belajar, Mahasiswa, UI/UX