Dago merupakan salah satu kawasan distinasi parawisata, pusat perbelanjaan, factory outflet, hiburan, restoran, aktrasi wisata dan kerap menjadi pusat bisnis. Berdasarkan hal tersebut Perancangan Hotel Bintang 4 Dago, Bandung akan menggunakan pendekatan Sense of Place, yang bertujuan untuk menciptakan sebuah pengalaman baru yang berbeda dari hotel Bintang 4 lainnya yang berada di kawasan Dago, Bandung dan menciptakan sebuah pengalaman yang konvergensi terkait area komunal, serta menciptakan fasilitas akomondasi berdasarkan pada kebutuhan pengunjung. Pemilihan konsep tersebut terjadi berdasarkan sejarah kota bandung yang dulunya pernah di duduki oleh kolonial pada masanya, sehingga rata-rata hotel menawarkan konsep yang sama. Berdasarkan dari hasil survey tersebut masih belum adanya hotel yang mengangkat budaya lokal kota bandung sebagai pilihan konsep hotel mereka. Sedangkan bandung bukan hanya identik dengan budaya kolonial dan anak mudanya, tetapi juga identik dengan budaya lokalnya yang beragam. Berdasarkan hal tersebut Perancangan Hotel Bintang 4 Dago, Bandung akan menggunakan pendekatan Sense of Place, yang bertujuan untuk menciptakan sebuah pengalaman baru yang berbeda dari hotel Bintang 4 lainnya yang berada di kawasan Dago, Bandung dan menciptakan sebuah pengalaman yang konvergensi terkait area komunal, serta menciptakan fasilitas akomondasi berdasarkan pada kebutuhan pengunjung.
Kata kunci : Staycation, sense of place, dago bandung, hotel bintang 4