Berkembangnya fenomena belanja online sangat cepat, faktor utamanya dikarenakan seiring dengan perkembangan teknologi di bidang transaksi elektronik. Terdapat satu sektor yang berdampak cukup besar, yaitu sektor ekspedisi pengiriman paket. Dalam satu rangkaian belanja online, pengiriman barang adalah proses paling penting untuk memastikan barang yang dipesan sampai ke tangan pembeli, salah satunya pengiriman oleh kurir sepeda motor. Belanja online memiliki saat-saat tertentu dimana pembelian melonjak, umumnya pada saat momen tertentu, tanggal angka kembar dan Hari Belanja Online Nasional (HarBOlNas) atau yang sering disebut high season. Disaat itulah pembelian melonjak sehingga berpengaruh terhadap jumlah paket yang harus dikirimkan kurir yang menggunakan sepeda motor. Namun, tidak semua pihak jasa ekspedisi memberikan fasilitas untuk kurir dalam membawa paket, sehingga kurir memilih menggunakan alat seadanya seperti karung dan tali karet ban sebagai pengikat. Dengan menggunakan metode kualitatif, perancangan ini bertujuan merancang tas sepeda motor kurir untuk meningkatkan efesiensi saat volume pengiriman paket meningkat berdasarkan kendala dan kebutuhan kurir pengantar paket yang menggunakan sepeda motor.