Kinerja waiter pada umumnya merupakan tolak ukur yang digunakan oleh hotel untuk melakukan penilaian terhadap karyawannya. kinerja waiter yang kurang bagus disebabkan oleh kinerja waiter yang kurang memenuhi standar yang telah ditentukan oleh perusahaan. Fenomena atau keluhan terjadi karena kurangnya keramahan waiter kepada para pelanggan, kurang adanya respon dari waiter untuk memberikan informasi bahwa ada tamu yang menggunakan kartu member, kurangnya double check terhadap area restoran dan cutleries yang kurang bersih. Maka demikian, Kinerja waiter sangat dibutuhkan guna meningkatkan kualitas pelayanan dan juga meningkatkan minat tamu yang ingin makan dan minum di restoran serta menikmati fasilitas yang tersedia di restoran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja waiter dan untuk meningkatkan kinerja waiter di Restoran Hotel Mercure Bandung Nexa Supratman. Metodelogi penelitian menggunakan deskriptif kualitatif melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa indikator kinerja waiter sudah bagus dalam hal produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas dan akunbilitas di Restoran Hotel Mercure Bandung Nexa Supratman.
Kata Kunci: Kinerja, waiter, restoran, produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas, akunbilitas