Berkembangnya Tecnology digital sekarang ini membutuhkan peran serta pihak
untuk mewujudkan siswa pendidikan mengembangkan potensi pembelajaran yang
terampil dan luas. Tentunya technology sedang menghadapi kemajuan tetapi ada
permasalahan yang di dapat pada saat ini dan digunakan sekarang yaitu berupa
penggunaan media sosial yang di salah gunakan anak kecil maupun dewasa, maka
dari itu manfaatkan waktu luang untuk meningkatkan kreativitas. Beberapa hal yang
menarik adalah proses pembelajaran kolaboratif dan berpusat pada mahasiswa.
Canva alat pembelajaran modern yang mensupport inovasi Mahasiswa , dan koneksi
luas serta kolaborasi.System Usability Scale merupakan sebuah alat pengukuran
sederhana dalam suatu pengujian usability berbagai produk dengan menggunakan
skala Likert, dimana survey memiliki 10 pertanyaan yang memiliki 5 poin Likert
sebagai responden. Kuesioner akan disebar ke seluruh mahasiswa aktif Universitas
Telkom Bandung yang sudah menggunakan Canva, bentuk instrumen pertanyaan
dan perhitungannya dijelaskan di Bab 3 Sub bab 3.1.3 Analisis dan Perancangan
menunjukan hasil bahwa pengguna sudah puas dengan Hasil skor SUS mendapat
71.22, dari perhitungan kuesioner, Hal tersebut dapat menyimpulkan bahwa tingkat
usability mendapat predikat “GOOD” pada penilaian Adjective Ratings dan
“Acceptable” usabilitas Canva sudah baik dan dapat diterima dengan baik oleh
mahasiswa. Hal tersebut menjelaskan bahwa Canva dapat digunakan dengan baik
oleh mahasiswa dalam penggunaannya untuk membantu tugas mahasiswa. Dan
dapat digitalisasi kampus yang efektif terhadap Canva dalam pengembangan konteks
kolaborasi tugas mahasiswa.
Kata Kunci: Technology, Canva, system usability scale, Usability