SISTEM MONITORING DETAK JANTUNG DAN ELEKTROMIOGRAFI PADA LANSIA - WRAP Entrepreneurship (Capstone)

JAMMY SUKMAJAYA

Informasi Dasar

46 kali
23.04.5365
610.28
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini menggunakan produk terapi berupa video games pada lansia dengan masalah kognitif dan mengamati dampak yang diberikan pada lansia yang memainkan gamenya. Pada proyek ini kami menggunakan tiga game dan dua sensor dalam mengamati perubahan kognitif yang ada pada lansia. Ketiga game tersebut adalah Tetris Amazing, Flip Memory, dan Solve IT. Kemudian untuk sensor yang kami gunakan adalah HR untuk mengamati detak jantung, serta EMG untuk mengamati perubahan nilai tenaga atau kekuatan jari pada lansia.

Dalam proyek ini penulis menggunakan sembilan responden untuk memainkan gamenya. Hasil yang kami dapat dari hasil pengukuran kami adalah v bahwa 5 dari sembilan responden menunjukan beberapa peningkatan kemampuan motorik sehingga dapat beradaptasi dengan gadget modern, kemudian hanya 2 dari Sembilan responden menunjukkan indikasi kecemasan dari nilai detak jantung yang melebihi 90 BPM pada dua sesi, dan untuk dari sisi medis maka responden diuji dengan menggunakan MMSE dan data yang didapat adalah bahwa delapan dari sembilan responden yang ada menunjukkan kenaikan nilai, serta perbaikan kemampuan kognitif.

Kata kunci Game, Sensor, Lansia, Kognitif, Monitoring.

Subjek

Biomedical Engineering
 

Katalog

SISTEM MONITORING DETAK JANTUNG DAN ELEKTROMIOGRAFI PADA LANSIA - WRAP Entrepreneurship (Capstone)
 
xvii, 80p
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JAMMY SUKMAJAYA
Perorangan
Husneni Mukhtar, Istiqomah
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • TEI3C3 - SENSOR DAN AKTUATOR
  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini