Tugas akhir ini berisi tentang pembentukan alat bantu pembelajaran beserta analisis pengaruh perubahan resistansi, kapasitansi, dan penggunaan feedback negative terhadap respon frekuensi penguat. Pada saat ini alat bantu pembelajaran elektronika yang tersedia terdapat beberapa kekurangan, seperti: tidak dapat bereksperimen, tidak dapat mengetahui spesifikasi riil komponen yang digunakan, hingga kaki-kaki komponen yang sering rusak setelah digunakan. Dari segi materi, respon frekuensi penguat tidak dibahas secara rinci sehingga membuat mahasiswa/I sulit dalam memahaminya. Berdasarkan permasalahan yang timbul, perlu adanya pembaharuan alat bantu pembelajaran (kit) yang bertujuan untuk mempermudah mahasiswa/I dalam bereksperimen dan mengatasi masalah cepat rusaknya kaki-kaki komponen. Adapun pada Tugas Akhir ini menekankan pada analisis pengaruh penggunaan resistansi, kapasitansi, dan feedback negative untuk kemudian diamati hasil persentase kelinieran dan respon frekuensi dengan menggunakan alat bantu yang telah dirancang tersebut. Tugas Akhir ini menggunakan metode penelitian eksperimen untuk membuktikan keterkaitan antara teori dan praktik. Hasil dari Tugas Akhir ini adalah terciptanya pembaharuan alat bantu pembelajaran elektronika yang dilengkapi dengan panduan, aturan penggunaan, dan lembar kerja. Serta, mendapatkan persentase kelinieran dan hasil daerah kerja dari pengaruh perubahan nilai resistansi, kapasitansi, dan feedback negative pada rangkaian penguat yang digunakan.
Kata Kunci: alat bantu pembelajaran, feedback negative, respon frekuensi