SISTEM MONITORING DAN CONTROLLING GENERATOR HHO TIPE WET CELLS PADA GENERATOR SET - WRAP Entrepreneurship (Capstone)

MUHAMMAD DIMAS IBADUL BARRI

Informasi Dasar

44 kali
23.04.5535
006.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Elektrolisis air merupakan sebuah proses penguraian senyawa air (H2O) yang menghasilkan gas hidrogen (H2) dan oksigen (O2). Pada Proses ini, air perlu dicampur zat katalis untuk mempercepat produksi gas HHO. Pada proses ini, elektroda yang terendam air diberi tegangan dan arus listrik DC sehingga dapat menghasilkan gas HHO. Pada proses untuk menghasilkan gas HHO, air akan berkurang dengan seiring berjalannya waktu. Untuk itu diperlukan suatu sistem untuk melakukan monitoring pada tegangan dan arus listrik DC, level volume air, dan nilai konsenstrasi gas HHO pada generator HHO. Selain itu dibutuhkan, sistem yang dapat melakukan controlling generator HHO.

Untuk dapat mendukung kebutuhan tersebut, dibutuhkan sistem yang dapat monitoring generator HHO dengan spesifikasi  dapat mendeteksi tegangan listrik DC dengan tingkat akurasi lebih dari 90%, mendeteksi arus listrik DC  dengan tingkat akurasi lebih dari 90%, mendeteksi level volume air dengan tingkat akurasi lebih dari 90%, mendeteksi nilai konsetrasi gas dengan rentang pengukuran 100-10k ppm. Sistem dapat memantau nilai tegangan listrik DC, arus listrik DC, level volume air, dan nilai konsentrasi gas HHO pada tangki generator HHO secara reatime dengan nilai delay kurang dari 450ms. Sistem dapat melakukan controlling atau mengendalikan generator HHO ketika volume air dibawah yang telah ditentukan, dan memberikan pemberitahuan kepada pengguna ketika level volume air pada tangki generator HHO akan habis.

Untuk mendeteksi tegangan listrik DC, sistem menggunakan sensor INA219 dengan pengujian yang telah dilakukan mendapatkan tingkat akurasi sebesar 99.01 %. Untuk mendeteksi arus listrik DC, sistem menggunakan sensor ACS712 30A dengan pengujian yang telah dilakukan dan mendapatkan tingkat akurasi sebesar 99.25 %. Untuk mendeteksi level volume air pada generator HHO, sistem menggunakan sensor ultrasonik HC-SR04 dengan pengujian yang telah dilakukan dengan mendapatkan tingkat akurasi sebesar 98.32%. Selanjutnya, sistem berhasil menampilkan seluruh nilai yang dibaca oleh sensor dengan delay 0,08 s atau 80 ms dan dapat melakukan pengendalian terhadap generator HHO melalui aplikasi. Selain itu, aplikasi juga dapat mengirimkan pemberitahuan kepada pengguna bahwa air dalam tabung generator HHO akan habis dan mematikan generator HHO secara otomatis.

Subjek

INTERNET OF THINGS
 

Katalog

SISTEM MONITORING DAN CONTROLLING GENERATOR HHO TIPE WET CELLS PADA GENERATOR SET - WRAP Entrepreneurship (Capstone)
 
xviii, 100p
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD DIMAS IBADUL BARRI
Perorangan
Ekki Kurniawan, Uke Kurniawan Usman
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini