Perkembangan sistem pendidikan pada abad-21 menjadi sangat cepat dengan berbagai inovasi baru yang ada pada tiap aktivitas yang disediakan. Tidak hanya sebagai tempat membaca dan belajar tapi dikembangkan sebagai pusat pertemuan relasi dan komunitas demi meningkatkan komunikasi antar individu. Perkembangan dengan tranformasi besar dengan penambahan digitalisasi pada koleksi maupun pelayanan dengan teknologi terbaru. Salah satu perpustakaan yang memiliki potensi besar dalam perkembangan informasi adalah Perpustkaan KEMDIKBUD Republik Indonesia yang tergolong kedalam jenis perpustakaan khusus, yang dinaungi oleh Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan dengan koleksi buku yang diperuntukan untuk Pendidikan dan terbitan dari kemdikbud itu sendiri. Namun beberapa ruangan yang seharusnya dapat memberikan fasilitas yang baik belum di maksimalkan sehingga aktivitas banyak yang terhambat. Oleh karena itu penggunaan pendekatan teknologi dengan tema “organization through technology” dapat memberikan potensi memaksimalkan tata letak ruangan dan fasilitas demi meningkatkan sistem Pendidikan di Indonesia.