Investigasi Model dan Keseimbangan Keadaan Baterai pada Sistem Manajemen Baterai Berbasis Digital Twin - WRAP Entrepreneurship (Capstone)

VIKA RISTIANA PUTRI

Informasi Dasar

100 kali
23.04.5633
621.31242
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini perkembangan teknologi telah berkembang sangat pesat salah satunya di bidang 
otomotif. Banyak pabrikan otomotif aktif mengembangkan kendaraannya, yang tadinya 
kendaraan berbahan bakar minyak menjadi listrik. Kendaraan listrik membutuhkan baterai 
sebagai pemasok listriknya. Namun, Seringkali proses pengisian baterai pada perangkat 
elektronik akan melebihi kapasitasnya sehingga menyebabkan overcharging, dan penggunaan 
daya yang terlalu banyak akan menyebabkan baterai mengalami overdischarge.
Battery Management System (BMS) adalah sebuah sistem yang dirancang untuk 
melakukan fungsi pengawasan kinerja suatu baterai untuk menghindari kemungkinan baterai 
beroperasi di luar spesifikasinya. Pada penerapan Battery Management System berbasis digital 
twin dilakukan dengan menggabungkan data baterai asli dan model virtual. Digital twin juga 
merupakan model virtual yang dapat membantu manusia mengumpulkan informasi berbasis 
data dan prediksi yang akurat guna melakukan pengambilan keputusan yang berpengaruh pada 
pengoptimalan kinerja baterai.
Pada model baterai digital yang dibuat dapat menghasilkan data discharging yang 
dibutuhkan sebanyak 10.528 data dan dari grafik kestabilan diketahui jika sistem baterai 
cenderung menuju titik keseimbangan sehingga dapat disimpulkan model baterai stabil.
Kemudian pada model hammerstain mampu melakukan prediksi secara akurat, hal ini 
dibuktikan dengan grafik yang dihasilkan disetiap proses training dan validasi yang sangat 
berhimpit dan hasil nilai perhitungan evaluasi metrik kinerja yang dihasilkan rendah. Selain 
itu, hasil estimasi menunjukkan bahwa pendekatan hammerstein dengan metode kernel dan 
metode recursive least square berhasil mengatasi kompleksitas dan nonlinieritas dalam 
estimasi SoC pada baterai. Dari kedua proses tersebut dilakukan analisis data digital twin 
dimana hasil yang didapatkan memiliki performa yang baik dikarenakan nilai error MSE pada 
SoC sebesar 0,0083, nilai RMSE pada SoC sebesar 0,0915 dan nilai MAPE SoC sebesar 0,41%
yang menunjukan model memiliki kesalahan prediksi rendah. Namun, pada hasil pengujian 
perhitungan nilai error ini masih menggunakan data yang belum setara antara data digital dan 
data fisis. Sistem ini hanya digunakan sebagai uji coba dari kerangka digital twin, sehingga 
hasil yang didapatkan memerlukan langkah-langkah lebih lanjut untuk menyempurnakan 
kerangka digital twin

Subjek

TUGAS AKHIR
 

Katalog

Investigasi Model dan Keseimbangan Keadaan Baterai pada Sistem Manajemen Baterai Berbasis Digital Twin - WRAP Entrepreneurship (Capstone)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

VIKA RISTIANA PUTRI
Perorangan
Reza Fauzi Iskandar, Indra Wahyudhin Fathona
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Fisika
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • TFI3E3 - DINAMIKA SISTEM
  • TFI4P3 - ELEKTRONIKA DAYA
  • TFI4G3 - MANAJEMEN ENERGI
  • TFI4S3 - SISTEM ENERGI DAN KONTROL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini