Salah satu tujuan perusahaan adalah meningkatkan kesejahteraan para pemegang saham yang dibuktikan dari adanya peningkatan nilai perusahaan. Nilai perusahaan merupakan persepsi investor terhadap tingkat keberhasilan perusahaan yang sering dikaitkan dengan harga saham. Tingginya harga saham perusahaan akan meningkatkan keuntungan bagi para pemegang saham sehingga nilai perusahaan meningkat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh related party transaction dan manajemen laba terhadap nilai perusahaan dengan kepemilikan institusional sebagai variabel moderasi pada perusahaan Sektor Konsumen non-Primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2021. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari laporan tahunan dan laporan keuangan perusahaan yang diambil dari website resmi Bursa Efek Indonesia dan website resmi perusahaan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data panel dan moderated regression analysis dengan menggunakan Eviews 12. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 110 data observasi, namun terdapat outlier sebanyak 31 data, sehingga data akhir yang digunakan dalam penelitian ini adalah 79 data.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa related party transaction, manajemen laba, dan kepemilikan institusional secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Selain itu, related party transaction, manajemen laba, kepemilikan institusional, interaksi related party transaction dengan kepemilikan institusional, dan interaksi manajemen laba dengan kepemilikan institusional juga berpengaruh secara simultan terhadap nilai perusahaan. Secara parsial hanya related party transaction yang berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, sedangkan manajemen laba tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Kepemilikan institusional sebagai pure moderator memoderasi pengaruh related party transaction dan manajemen laba terhadap nilai perusahaan.
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran bagi perusahaan untuk dapat menekan transaksi dengan pihak berelasi yang dimiliki agar mengurangi pandangan kurang baik dari investor serta harus memperhatikan cara untuk meningkatkan nilai perusahaan selain menggunakan laporan keuangan. Selain itu, untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian lebih lanjut dengan variabel independen yang berbeda baik menggunakan objek yang sama maupun objek yang berbeda.
Kata Kunci: Nilai Perusahaan, Related Party Transaction, Manajemen Laba, Kepemilikan Institusional