ANALISIS RESPON PENGGUNA SOSIAL MEDIA TWITTER TERHADAP KASUS FERDY SAMBO MENGGUNAKAN SENTIMENT ANALYSIS DAN TEXT MINING

MUHAMMAD RAFIANSYAH

Informasi Dasar

361 kali
23.04.5710
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keresahan penulis terhadap kasus Ferdy Sambo yang cukup menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat. Dengan munculnya kasus ini, terlebih dengan pelaku utama merupakan jendral besar kepolisian membuat sentimen masyarakat berubah terhadap organisasi kepolisian secara keseluruhan. Kemudian, Twitter pun digunakan untuk mendapatkan data terkait sentiment masyarakat tersebut dikarenakan jumlah penggunanya yang terus bertambah.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana respon para pengguna media sosial di Twitter terhadap kasus Ferdy Sambo, dan mengetahui nilai persepsi analisis sentimen dari  para pengguna twitter menjadi tiga kategori nilai perspektif analisis sentimen yaitu, positif, negatif dan netral. Dengan menggunakan sentiment analysis pada text mining, penelitian ini dilakukan untuk mencari kata-kata apa yang sering muncul dari komentar serta respon para pengguna Twitter terhadap kasus ini. Dari kata-kata tersebut kemudian dengan menggunakan word cloud akan divisualisasikan kata yang paling sering muncul serta frekuensi dari kata-kata yang muncul tersebut.

Dari hasil analisis yang telah dilakukan, didapat hasil yang menunjukkan bahwa dari 15.002 data, kata atau pendapat yang diberikan oleh pengguna Twitter adalah negatif. Hasil tersebut juag didukung oleh hasil perhitungan tingkat akurasi sebesar 97%, presisi 95%, dan tingkat recall sebesar 90%.

Hasil dari penelitian ini diharapkan mampu memberikan gambaran mengenai tanggapan para pengguna media sosial terhadap suatu kasus, dimana kasus yang negatif akan memberikan pendapat yang negatif, dan sebaliknya. Selain itu, diharapkan juga penelitian ini dapat menjadi acuan bagi penelitian selanjutnya mengenai topik atau metode yang serupa.

 

Kata kunci: Sentiment analysis,  Twitter, word cloud, positif, negatif, netral, Ferdy Sambo

Subjek

BIG DATA
 

Katalog

ANALISIS RESPON PENGGUNA SOSIAL MEDIA TWITTER TERHADAP KASUS FERDY SAMBO MENGGUNAKAN SENTIMENT ANALYSIS DAN TEXT MINING
 
vii,56.:il.;pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD RAFIANSYAH
Perorangan
Nurvita Trianasari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • BM63A3 - BIG DATA DAN DATA ANALITIK

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini