PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (eWOM) DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI PADA SKINCARE AVOSKIN BEAUTY MELALUI PLATFORM MEDIA SOSIAL TIKTOK

HERMITA PUTRI

Informasi Dasar

453 kali
23.04.5717
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Seiring berkembangnya zaman, skincare menjadi personal care yang dibutuhkan bagi setiap orang untuk merawat ataupun mempercantik kulit dan penampilan. Tingkat kesadaran masyarakat mengenai skincare meningkat karena adanya tren produk kecantikan yang muncul di platform media sosial. Masyarakat mulai mengikuti tren yang ada untuk memenuhi lifestyle mereka. Hal ini menjadi peluang bagi industri kecantikan dalam negeri. Adanya kemajuan teknologi, memberikan dampak yang cukup besar pada industri kecantikan seperti Avoskin Beauty.

Munculnya platform media sosial seperti TikTok membuat produk skincare semakin beragam dan membuat akses menjadi lebih mudah bagi para konsumen. Bagi Avoskin yang merupakan brand kecantikan. Media sosial sendiri berperan penting sebagai jembatan untuk berkomunikasi dengan masyarakat melalui ulasan produk yang diberikan oleh para konsumen. Avoskin menerapkan Electronic Word of Mouth (eWOM) sebagai jaringan promosi produk skincare mereka dengan menggunakan kolom komentar pada TikToknya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Electronic Word of Mouth dan Brand Image terhadap Minat Beli Konsumen pada followers akun TikTok Avoskin Beauty dengan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Deskriptif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling. Penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner online menggunakan Google Form yang dibagikan kepada 115 responden berusia 16-29 tahun yang merupakan pengguna media sosial TikTok serta mengetahui akun TikTok @avoskinbeauty, dan berdomisili di JABODETABEK dan Kota Bandung.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kedua faktor yaitu Electronic Word Of Mouth dan Brand Image mampu berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli. Dari penelitian ini didapatkan kesimpulan bahwa variabel Electronic Word Of Mouth dan Brand Image mampu mempengaruhi Minat Beli sebesar 82,4%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

Saran yang dapat diberikan penulis untuk penelitian selanjutnya apabila topik yang digunakan berhubungan dengan variabel electronic word of mouth, brand image, dan minat beli, diharapkan penelitian selanjutnya dapat melakukan pengembangan pada media sosial lainnya dengan objek yang berbeda.

 

Kata kunci: Electronic Word of Mouth (eWOM), Brand Image, Minat Beli, Pemasaran Media Sosial, Citra Merek, Avoskin

Subjek

Modernization marketing
 

Katalog

PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (eWOM) DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI PADA SKINCARE AVOSKIN BEAUTY MELALUI PLATFORM MEDIA SOSIAL TIKTOK
 
xii,90.:il.;pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HERMITA PUTRI
Perorangan
Riski Taufik Hidayah
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • SM231023 - MARKETING MANAGEMENT

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini