Kertas memiliki dampak besar pada lingkungan karena berbahan baku pohon dan proses produksi kertas dengan cara kimiawi yang juga dapat memicu perubahan iklim. PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) merupakan salah satu perusahaan swasta yang bergerak di bidang industri kertas. Perusahaan ini mendapatkan stigma yang buruk dari masyarakat karena permasalahan pada produksi pembuatan kertas yang berdampak pada lingkungan, kemudian perusahaan membuat program APRIL2030 yang isi dan tujuan dari program APRIL2030 yaitu pada tahun 2030 perusahaan akan mewujudkan nol emisi karbon bersih dari pemanfaatan lahan, berbagai capaian hasil yang terukur nyata di bidang lingkungan, dan nol kemiskinan ekstrem pada masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan. Program APRIL2030 sudah berjalan sejak tahun 2020 namun masyarakat belum mengetahui program APRIL2030. Salah satu upaya agar terealisasikan program ini adalah dengan mengkampanyekan dengan strategi brand communication, strategi ini merupakan konsep media komunikasi yang akan diimplementasikan pada media visual yang sesuai. Namun program APRIL2030 belum mampu memaksimalkan dalam mengenalkan program tersebut pada media kampanye yang sudah dilakukan oleh perusahaan. Berdasarkan hasil yang diperoleh melalui observasi, project sejenis, wawancara, dan kuesioner PT RAPP memerlukan brand communication untuk menghasilkan solusi desain yang dapat memperkuat karakter pada program APRIL2030, selain itu dapat fokus pada komunikasi program APRIL2030 sehingga target audience mencakup lebih luas. Berdasarkan perancangan strategi brand communication tersebut diharapkan mampu menghilangkan stigma masyarakat hingga meningkatkan potensi citra perusahaan, dan memperluas targer pemasaran untuk menyampaikan program APRIL2030.