Sajian kuliner khas di Kabupaten Sumedang mempunyai potensi yang cukup besar sebagai daya tarik destinasi wisata kuliner. Hingga saat ini, Pemerintah belum melakukan upaya khusus untuk mengawal pertumbuhan dan kemajuan tempat wisata kuliner di Kabupaten Sumedang, seperti tidak adanya upaya untuk mempromosikannya ke khalayak ramai. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan perancangan strategi kreatif serta strategi media dan visual yang tepat untuk menarik target audiens dalam mempromosikan wisata kuliner di Kabupaten Sumedang. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif. Proses pengumpulan data menggunakan metode angket, metode wawancara, dan studi pustaka. Perancangan ini menggunakan tiga Metode Analisis, yaitu Matriks, SWOT, dan AISAS. Sementara teorinya mengacu pada teori pariwisata, promosi, komunikasi pemasaran, perilaku konsumen DKV, dan media. Hasil akhir dari penelitian ini berupa rancangan strategi promosi berupa event festival jajanan yang betajuk bertajuk “Festival Kuliner Sumedang” bekerja sama dengan brand lokal dan UMKM asal Kabupaten Sumedang. Dengan harapan menjadikan wisata kuliner di Kabupaten Sumedang dikenal masyarakat luas di luar Kabupaten Sumedang.
Katakunci: strategi promosi, Sumedang, wisata kuliner