Kinerja Kualitas Hotel dan Restoran di Destinasi Wisata Kawasan Ciwidey

ASEP SAEPULLOH

Informasi Dasar

97 kali
23.06.894
000
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Kesuksesan suatu destinasi tidak terlepas dari kinerja komponen yaitu hotel dan restoran. Kinerja hotel dan restoran merupakan suatu ukuran destinasi. Kinerja kualitas hotel dan restoran di kawasan wisata Ciwidey yang paling banyak diminati hingga saat ini masih terdapat kekurangan terhadap kinerja hotel dan restoran yang menyebabkan tamu mendapatkan ketidak puasan yang disebabkan oleh pelayanan yang tidak baik, kebersihan yang tidak terjaga, serta fasilitas hotel dan resto yang kurang baik sehingga konsumen banyak memberikan kritikan baik secara langsung maupun melalui media sosial, khususnya google review. Oleh karena itu,tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menganalisis kinerja kualitas hotel dan restoran di kawasan wisata Ciwidey serta mengetahui tingkat kepuasan tamu. Metode penelitian ini merupakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif yaitu untuk menentukan tingkat kepentingan dan kinerja kualitas resto dan akomodasi serta  kepuasan kinerja terhadap wisatawan yang pernah berkunjung di beberapa hotel dan restoran yang ada di kawasan Ciwidey. Teknik pengambilan data pada penelitian ini  yaitu dengan membagikan kuesioner kepada 120 responden yang pernah berkunjung ke hotel dan restoran yang ada di kawasa Ciwidey. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Importance-Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfication Index (CSI). Berdasarkan hasil Important- Performance Analysis (IPA) bahwa kepentingan dan kinerja hotel dan restoran yang beradda di Kawasan Ciwidey masih terdapat beberapa hal yang belum memenuhi keinginan yang dianggap penting oleh konsumen. Sehingga hal tersebut harus menjadi prioritas utama bagi pihak hotel dan restoran yang ada di kawasan Ciwidey dalam meningkatkan pelayanan kinerjanya. Sehingga keseluruhan elemen yang ada di hotel dan restoran yang ada di kawasan Ciwidey dapat menjadi lebih baik lagi.

Terdapat juga hal yang belum memenuhi keinginan konsumen, berdasarkan hasil Analisis Custumer Satisfaction Indeks (CSI) terhadap hotel dan restoran yang berada di kawasan Ciwidey memperoleh kriteria puas dalam melayani konsumen. Akan tetapi perlu dilakukan peningkatan kinerja dan kualitas bagi perusahaan pemiliki hotel dan restoran untuk meningkatkan tingkat kepuasan konsumen. Selain itu, hotel dan resto perlu memberikan perhatian lebih dan menjadikan prioritas untuk meningkatkan kinerja pada Kuadran I dan menurunkan prioritas terhadap Kuadran IV serta tetap berusaha untuk meningkatkan aspek yang ada pada Kuadran III untuk menghindari penilaian konsumen yang buruk. Selain itu, menjaga aspek yang ada pada Kuadran II.

 

Kata Kunci: Kualitas Hotel,Kualitas Restoran,Kinerja,Kawasan Ciwidey

Subjek

Hotels - front office
 

Katalog

Kinerja Kualitas Hotel dan Restoran di Destinasi Wisata Kawasan Ciwidey
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ASEP SAEPULLOH
Perorangan
Ersy Ervina, Riza Taufiq
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Perhotelan
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • VHI3A4 - PROYEK AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini