Kinerja Kualitas Akomodasi, Transportasi, dan Restoran di Destinasi Wisata Kawasan Bandung Barat

CINDY AURELLIA

Informasi Dasar

109 kali
23.06.902
910.688
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Tingkat kepuasan pengunjung terhadap kinerja kualitas akomodasi, transportasi, dan restoran di destinasi wisata Kawasan Bandung Barat adalah hasil dari upaya strategik untuk menjaga kepuasan dan loyalitas pengunjung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana tingkat kepuasan pengunjung terhadap kinerja kualitas akomodasi, transportasi, dan restoran di destinasi wisata Kawasan Bandung Barat. Salah satu upaya dalam menjaga kepuasan dan loyalitas pengunjung dapat dilakukan dengan cara menjaga kualitas akomodasi, transportasi, dan restoran. Responden yang memberikan informasi dalam penelitian ini adalah wisatawan yang memenuhi persyaratan sebagai responden untuk dapat mengisi dan memberikan informasi yang dibutuhkan saat pengisian kuesioner. Jumlah responden sebanyak 110 orang yang pernah menginap di resort atau mengunjungi restoran di Kawasan Bandung Barat. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA).  Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan CSI (Customer Satisfaction Index) sebesar 81,51% menunjukan pengunjung di destinasi wisata Kawasan Bandung Barat merasa sangat puas. Berdasarkan analisis kesenjangan (Gap), analisis yang diperoleh ialah dengan nilai skor kinerja 73,32 lebih kecil dari skor harapan 78,30 sehingga tingkat kinerja kualitas akomodasi, transportasi, dan restoran masih jauh dari harapan pengunjung destinasi wisata di Bandung Barat. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dan evaluasi mengenai kualitas pelayanan dan nilai uang yang telah dikembangkan.

Kata kunci: Kinerja, Kualitas, Akomodasi, Transportasi, Restoran, Destinasi Wisata, Bandung Barat

Subjek

HOSPITALITY
 

Katalog

Kinerja Kualitas Akomodasi, Transportasi, dan Restoran di Destinasi Wisata Kawasan Bandung Barat
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CINDY AURELLIA
Perorangan
Ersy Ervina, Umi Sumarsih
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Perhotelan
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • VHI1A2 - PENGANTAR ILMU PARIWISATA DAN HOSPITALITY

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini