VALUASI PORTOFOLIO SMART BETA DI INDONESIA (STUDI KASUS PADA SAHAM ENERGI DAN CRYPTOCURRENCY PERIODE 2020-2023

MOHAMMAD REYDITO ABIMANYU

Informasi Dasar

2 kali
23.04.6035
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada masa pandemi Covid 19 memberikan dampak buruk pada investor sehingga para investor berupaya untuk mencari alur investasinya kepada jenis investasi yang lebih kecil dalam segi resiko.

Ada dua alat investasi yang biasa di gunakan oleh para investor yaitu saham dan crypto, dari kedua alat investasi ini yang biasa di debatkan oleh para investor mana yang lebih baik di antara keduanya

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil portofolio smart beta high volatility dan low volatility dari 20 saham energi dan cryptocurrency berdasarkan kapitalisasi pasar tertinggi yang akan dievaluasi dengan kinerja sharpe lalu dibandingkan antara portofolio high volatility dan low volatility sehingga dapat menghasilkan portofolio smart beta mana yang terbaik.

Metode yang akan digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis data sekunder. Sample yang akan di gunakan ialah berdasarkan dari 20 saham energi dan cryptocurrency. Penelitian ini dilakukan dengan membagi dari 20 saham energi dan cryptocurrency menjadi dua kelompok yaitu high dan low.

Dengan mengurutkan beta dari kedua instrument saham dan crypto dari yang tertinggi hingga terendah, lalu akan dicari return dan risiko dari tiap kelompok lalu di lakukan pembobotan kelompok volatility melakukan evaluasi kinerja sharpe supaya dapat diketahui portofolio mana yang terbaik dari kedua kelompok smart beta berdasarkan dari 10 saham energi dan 10 cryptocurrency dengan kapitalisasi pasar tertinggi.

Hasil penelitian ini mendapatkan Portofolio kelompok high volatility mendapatkan hasil evaluasi kinerja sharpe positif yang menunjukan bahwa return yang akan di dapatkan akan menutupi tingkat resiko yang di ambil. Pada portofolio kelompok low volatility mendapatkan tingkat risiko yang rendah akan tetapi menghasilkan return yang jauh lebih rendah di bandingkan dengan kelompok high volatility. Portofolio kelompok high volatility adalah kelompok terbaik pada penelitian ini karena dalam kondisi ini investor disarankan untuk mengambil langkah dengan istilah high risk high return.

Kata Kunci: Beta, Portofolio, Return, Sharpe

Subjek

PORTOFOLIO
 

Katalog

VALUASI PORTOFOLIO SMART BETA DI INDONESIA (STUDI KASUS PADA SAHAM ENERGI DAN CRYPTOCURRENCY PERIODE 2020-2023
 
VII,91.:il.;pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MOHAMMAD REYDITO ABIMANYU
Perorangan
Dwi Fitrizal Salim
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • BM62H3 - ANALISIS INVESTASI DAN PORTOFOLIO

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini