Penelitian ini bertujuan untuk implementasi rute dinamis yang interactive dengan
menggunakan pendekatan algoritma A* di Kota Bandung. Pengendara kerap mengalami
kendala saat menggunakan rute yang umum seperti kemacetan maupun jalan ditutup
sementara. Kepadatan dapat terpicu apabila dalam suatu jalan pengendara melewati jalan yang
sama sampai melewati batas maksimal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa algoritma A* mampu menghasilkan rute
perjalanan dengan rute terpendek. Selain itu, analisis juga mencakup penilaian kinerja
algoritma A* berdasarkan tingkat akurasi, kemampuan merute dinamis. Hasil analisis ini
memberikan wawasan yang berharga bagi pihak otoritas transportasi dan dalam meningkatkan
layanan dan efisiensi rute perjalanan.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan algoritma A* merupakan metode yang
efektif dalam mengoptimalkan rute perjalanan di Kota Bandung. Pengimplementasian rute
dinamis dengan penerapan algoritma A* dapat menentukan rute untuk mencari rute alternatif
pada Kota Bandung dengan menggunakan bobot optimal yaitu 35% pada tipe jalan, 30% pada
popularitas, 30% pada ruas jalan, 5% pada kondisi jalan. Dalam sistem rute ini memiliki rata –
rata waktu yang diperlukan sekitar 15.75 detik
Kata kunci : Rute perjalanan, Algoritma A*, Kepadatan