Ekosistem startup di Indonesia mengalami perkembangan sangat pesat dalam kurun waktu 10 tahun ke belakang, tak terkecuali startup yang bergerak dalam mengembangkan platform business-to-business (B2B) commerce. Pertumbuhan jumlah startup penyedia platform B2B commerce telah menyentuh sektor UMKM sebagai salah satu sektor yang berkontribusi signifikan bagi perekonomian Indonesia. Namun, fenomena tech winter menjadi tantangan bagi startup untuk mencapai pertumbuhan platform yang lebih cepat, baik dari sisi jumlah user maupun finansial. Credimart, salah satu platform B2B commerce dari startup Credibook yang menyediakan layanan distribusi produk FMCG bagi retailer secara online, turut menghadapi tantangan pertumbuhan platform sebagai akibat dari tech winter. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui wawancara semi terstruktur untuk mengetahui pengembangan model bisnis platform Credimart dan mengeksplorasi tantangan pertumbuhan platform berdasarkan model bisnis yang sedang dijalankan. Platform Innovation Kit (PIK) model Ignite & Scale dan model pertumbuhan platform Kim & Yoo (2019) digunakan sebagai kerangka utama penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PIK model Ignite & Scale mampu mengidentifikasi model bisnis secara detail dalam fase scale-up serta mengeksplorasi tantangan pertumbuhan platform dari model bisnis yang dijalankan, yang meliputi aspek monetisasi platform, network effect, penetrasi digital, celah fraud, kompetisi bisnis platform, dan valuasi platform.
Kata kunci: startup, platform B2B commerce, FMCG, retailer, tantangan pertumbuhan platform, tech winter, model Ignite & Scale, PIK, model pertumbuhan platform