Platform belajar vokasi merupakan jejaring kerjasama yang menjembatani pengajar dengan pembelajar untuk mempelajari ilmu vokasi. Salah ciri khas model bisnis platform ialah adanya konsep network effect yang membuat pelanggan mendapatkan nilai tambah dari penambahan jumlah pengguna dan terjadinya perkembangan eksponensial ketika network effect berhasil dioptimalkan. KursusDigital.id sebagai platform belajar vokasi yang didirikan pada akhir tahun 2020, menemui fenomena cold start problem, critical mass problem, dan masalah persaingan yang berkaitan dengan perkembangan jumlah pengguna.
Dalam penelitian ini penulis ingin melakukan analisis dan pengembangan network effect yang dimodelkan dalam strategi dan desain siklus network effect untuk platform KursusDigital.id guna menyelesaikan fenomena yang ada dan membantu berkembangnya platform. Penelitian akan mencari jawaban mengenai (1) kondisi layanan ekosistem digital (2) strategi marketing, onboarding, dan retention, serta (3) desain siklus direct network effect dan (4) indirect network effect yang tepat.
Pengembangan desain siklus network effect menggunakan kerangka kerja utama NfX Construction Guide dengan metode kualitatif yang menggunakan data observasi, wawancara, focus group discussion, dan dokumentasi. Dua belas narasumber dipilih berdasarkan metode stratified random sampling dari pihak manajemen platform, pengajar, dan pembelajar.
Temuan pada penelitian ini ialah (1) peta kondisi layanan ekosistem digital, (2) 47 strategi NfX-Box meliputi marketing, onboarding, dan retention, dan (3) bagan desain siklus direct dan (4) indirect network effect terbaik pada platform KursusDigital.id untuk melesatkan jumlah pengguna. Temuan-temuan penelitian telah divalidasi menggunakan metode triangulasi sumber, member checking, dan konfirmasi hasil terhadap manajemen platform.
Kata Kunci: Network Effect, NfX Construction Guide, Platform Strategy, Platform Bisnis Digital, Platform Belajar Vokasi Daring