ABSTRAK
Dimasa sekarang banyak sekali orang yang sudah menggunakan sepatu khususnya sneakers untuk berbagai macam kebutuhan, misalnya seperti untuk berjalan jalan maupun berolahraga, tidak hanya itu penggunaan sneakers juga mulai digunakan untuk kegiatan dan acara acara formal, seperti untuk kegiatan bekerja maupun menghadiri acara pesta pernikahan, oleh karena itu selain kualitas yang diutamakan oleh produsen, sekarang juga mengutamakan trend, karena banyak orang jatuh hati pada sneakers yang tadinya tidak begitu mereka sukai, banyak juga orang yang tiba tiba suka sama sneakers dan tidak sedikit pula orang yang mulai mengkoleksi sneakers, orangpun lama kelamaan mulai untuk menggunakan sneakers dengan beragam motif yang bervariasi mulai dari gambar flora, fauna, tokoh, dan juga lambang suatu perusahaan tertentu bahkan banyak juga merek sepatu ternama yang memulai untuk berkolaborasi dengan beberapa nama nama besar. Hal tersebut membuat sebagian pembuat sneakers local mulai mencoba peruntungan yang sama dengan mendesain sesuai trend dan mulai untuk berkolaborasi dengan sesuatu yang menarik untuk orang banyak. Oleh karena itu dibutuhkan penunjang untuk membuat desain sepatu tersebut dengan menyesuaikan trend. Pengembangan desain sneakers ini menggunakan metode kulitatif dengan melakukan observasi dan wawancara untuk pengumpulan data, dan di padukan dengan metode SCAMPER yaitu combine, karena akan menggambungkan produk sneakers dengan desain trend yang sedang terjadi, dan pengembangan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan orang dan mengembangkan produksi sepatu lokal.
Kata kunci: Sneakers, Trend, Kolaborasi