Terdapat perbedaan persepsi dari suatu Requirement Elicitation untuk membentuk Step Performed. Hal ini dapat terjadi, sehingga harus dilakukan perbandingan antara kedua artefak tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka penelitian ini mempunyai tujuan melakukan analisis yang membandingkan data teks pada Requirement Elicitation dan Step Performed melalui proses perbandingan artefak pada dokumentasi aplikasi OnlineLaundry, dengan cara mengimplementasikan pembobotan menggunakan TF-IDF melalui aktivitas Text Pre-Processing. Melalui Text Pre-Processing persiapan pengolahan data berupa berupa 5 pengelompokkan dari Requirement Elicitation (q1 hingga q5) dan 12 Step Performed (p1 hingga p12). Selain itu, untuk use case diagram dan use case description (step performed) memiliki jumlah yang sama yaitu 12. Tahapan text pre-processing yang dilakukan pada peneltian ini adalah case folding, tokenization, stop words, dan stemming yang menggunakan natural language toolkit (nltk python-3). Telah berhasil melakukan perbandingan antara requirement elicitation dan step performed melalui pembobotan teks mengunakan TF-IDF yang divisualkan melalui matriks pembobotan. Hasil pembobotan ini, kemudian dilakukan validity hasil proses perbandingannya sebesar 0.4089. Hasil proses ini termasuk pada kategori “Fair Agreement”. Berdasarkan identifikasi kategori tersebut, maka selanjutnya dapat dijadikan rujukan rekomendasi perbaikan artefak step performed yang mengarah pada indeks cohen kappa sehingga dapat mendekati skala bernilai satu
Kata kunci: Requirement Elicitation, Step Performed, Use Case Description, TF-IDF, Text Pre-Processin