ANALISIS PENGARUH SENTIMEN TERHADAP PERUSAHAAN GOTO PADA MEDIA SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER (NBC) TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM

RAHMA KARINA. M

Informasi Dasar

314 kali
23.04.6794
302.23
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Turunnya harga saham perusahaan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk paska berakhirnya periode lock up saham telah banyak diberitakan melalui berbagai media sosial. Banyak masyarakat yang menuangkan pendapat dan komentar melalui media sosial, yang merupakan sarana media digital dan dapat diakses oleh siapapun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari sentimen masyarakat di media sosial terkait perusahaan GoTo terhadap perubahan harga saham perusahaan. Dengan menggunakan metode Naïve Bayes Classifier (NBC) data komentar diklasifikasikan ke dalam dua kelas, yaitu positif dan negatif. Pengujian pengaruh sentimen terhadap perubahan harga saham dilakukan menggunakan analisis korelasi menggunakan uji lambda. Klasifikasi data komentar menggunakan algoritma Naïve Bayes Classifier (NBC) menghasilkan akurasi sebesar 70%. Hasil analisis korelasi antara saham dan komentar menggunakan uji lambda diperoleh hasil approximate significance atau p-value=0.739 dan nilai koefisien korelasi ? = 0.036.

Subjek

Text mining
SOCIAL MEDIA,

Katalog

ANALISIS PENGARUH SENTIMEN TERHADAP PERUSAHAAN GOTO PADA MEDIA SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER (NBC) TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAHMA KARINA. M
Perorangan
Dita Pramesti, Hanif Fakhrurroja
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini