Keterlibatan pengguna sistem ERP dengan adopsi memiliki berbagai model yang digunakan untuk menjelaskan kesuksesannya, namun tidak cukup memberikan penjelasan yang lengkap seperti Means of Engagement (MOE) dengan menggambarkan adopsi sebagai proses dinamis. Salah satu faktor utama kesuksesan implementari sistem ERP serta adopsi sistem ERP yaitu Subscription. Dibutuhkannya identifikasi faktor-faktor yang memengaruhi berlangganan pengguna dan hubungan antara berlangganan pengguna terhadap tingkat keterlibatan pengguna. Tujuan dari penelitian ini mengidentifikasi hubungan berlangganan pengguna sistem ERP dengan faktor-faktor keterlibatan pengguna terhadap sistem ERP pada level-level konsep Means of Engagement (MOE) dan mengembangkan konsep Means of Engagement (MOE) pada domain relationship khususnya faktor subscription pada PT. Glico Indonesia. Metode analisis yang digunakan untuk menguji model struktural yang menggambarkan variabelvariabel terkait dalam penelitian, yaitu loyalty, convenience, personalization, curation, subscription, dan engagement dengan menggunakan aplikasi SmartPLS 3 dan analisis SEM-PLS. Hasil pengujian membuktikan loyalty, convenience, personalization tidak terbukti signifikan terhadap subscription. Sedangkan subscription terbukti signifikan memengaruhi engagement. Hasil penelitian ini yaitu diharapkan PT. Glico Indonesia memastikan faktor-faktor berlangganan pengguna terhadap sistem ERP yang digunakan untuk membantu meningkatkan dan mempertahankan adopsi pengguna sistem ERP bedasarkan level-level konsep Means of Engagement (MOE).