Penyediaan layanan komputasi awan menjadi bisnis yang menjanjikan karena kebutuhan akan digitalisasi data semakin meningkat. Pelaksanaan bisnis layanan komputasi awan memungkinkan banyak terjadi permasalahan teknis yang dialami oleh pelanggan. Pencatatan keluhan pelanggan sudah dilakukan secara digital namun dengan platform ticketing berbasis monolitik yang memiliki fitur terbatas serta performansi yang kurang optimal. Pada capstone ini akan dirancang aplikasi ticketing helpdesk yang memiliki fitur untuk memanajemen keluhan dan melakukan tracking terhadap masalah yang dialami klien. Selain itu terdapat fitur-fitur tambahan yang memudahkan perusahaan untuk melihat kinerja engineer dalam memberikan layanan kepada pelanggan, untuk mengatasi masalah tersebut kami akan merancang solusi dengan pendekatan aplikasi ticketing berbasis microservices yang memiliki performansi lebih baik daripada sistem yang digunakan sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa performa dari aplikasi ticketing berbasis microservices lebih unggul daripada aplikasi ticketing berbasis monolitik. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa aplikasi ticketing berbasis microservices lebih unggul dalam success rate, response time, penggunaan CPU, dan penggunaan RAM.