Dalam dunia kerja modern saat ini, pengelolaan presensi karyawan dan manajemen tugas merupakan dua aspek penting yang mempengaruhi kinerja keseluruhan perusahaan. Aplikasi ini dirancang untuk memanfaatkan kemajuan teknologi dalam hal pemrosesan data dan lokasi berbasis Global Positioning System (GPS). Fitur GPS atau validasi koordinat lokasi ini, memungkinkan karyawan untuk menandai titik-titik tertentu yang harus mereka capai atau tempuh selama pekerjaan mereka dilaksanakan. Saat karyawan mencapai lokasi yang sudah ditentukan, maka aplikasi secara otomatis merekam lokasi dan waktu kedatangannya.
Data presensi ini juga terhubung langsung dengan sistem manajemen tugas, sehingga manager sumber daya manusia (SDM) perusahaan dapat mudah melacak kehadiran karyawan dan mengelola tugas yang harus diselesaikan. Dengan adanya integrasi antara validasi lokasi dan manajemen tugas, aplikasi ini akan meminimalkan kesalahan atau kecurangan dari karyawan saat bekerja. Selain itu, karyawan juga mendapatkan keuntungan dengan menghemat waktu serta usaha untuk melakukan presensi dan melaporkan tugas yang sudah diselesaikan.
Karya tulis ini akan membahas desain antarmuka pengguna dan manajemen tugas yang diterapkan. Dengan adanya aplikasi ini kami berharap dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan presensi karyawan serta manajemen tugas di Koperasi Karya Usaha Mandiri Bogor.
Kata kunci— Manajemen tugas, presensi, global positioning system (GPS), validasi koordinat, Sumber Daya Manusia (SDM).