IMPLEMENTASI SMART RELAY MENGGUNAKAN PIR MOTION SENSOR GUNA MENCAPAI SMART AND GREEN BUILDING: KASUS RUANG LABORATORIUM TELKOM UNIVERSITY LANDMARK TOWER (TULT) - WRAP Entrepreneurship (Capstone)

ANDI INDIRAHMAWATY

Informasi Dasar

23.04.7075
302.234
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Seiring dengan berjalannya waktu pertumbuhan tingkat persentase manusia di bumi semakin meningkat sehingga menimbulkan berbagai macam masalah. Manusia memanfaatkan sumber daya alam yang ada di bumi dan perkembangan teknologi demi memenuhi kebutuhan hidupnya. Pembangunan kota, gaya hidup serta pengaruh lingkungan terhadap perilaku manusia yang tidak teratur menyebabkan kebutuhan energi seperti air, listrik dan sumber daya lainnya semakin meningkat. Adapun perkembangan teknologi yang semakin canggih sehingga lebih memudahkan manusia untuk dapat terus berinovasi mengatasi masalah-masalah yang ada.

Maka untuk mengantisipasi hal tersebut diperlukan perencanaan yang matang untuk bisa menghadapi krisis energi dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini. Salah satu solusi yang bisa diterapkan adalah konsep Smart and Green building berbasis teknologi 4.0, dimulai dengan perancangan pada ruangan lab yang berlokasi di gedung Telkom University Landmark Tower (TULT).

            Terdapat beberapa pengujian untuk alat ini. Pengujian pertama yaitu jangkauan sensor yang dimana PIR bisa membaca gerakan sampai 2 meter sesuai dengan kerangka pintu laboratorium. Pengujian kedua yaitu informasi yang dikirimkan dengan hasil sensor PIR dapat membaca gerakan, mengirimkan ke database, dan dibaca oleh relay. Pengujian ketiga yaitu packet loss dengan hasil untuk persentase error packet loss adalah 0,91% dan throughput yang dihasilkan adalah 32,5/detik. Pengujian ke empat akurasi perhitungan daya, yang dimana alat perhitungan daya relay memiliki performa yang mirip dengan wattmeter buatan pabrik yaitu sebesar 99,61% untuk akurasi perhitungan arus dan 99,83% untuk akurasi perhitungan daya dan untuk penghematan daya dapat menekan hingga 60% biaya. Pengujian kelima kinerja website yaitu kinerja pada desktop sebesar 99 yang berarti lebih tinggi dibandingkan kinerja pada mobile sebesar 74. Pengujian keenam pengalaman user terhadap website yaitu rata-rata pengalaman user memilih nilai 5 yang berarti kinerja website telah sesuai dan sangat puas. Pengujian terakhir yaitu durasi dan ketahanan alat yang dimana durasi alat selama aktif adalah 7 jam 31 menit 40 detik dan ketahanan alat cukup kokoh.

 

Kata kunci: Telkom University Landmark Tower (TULT), Sensor PIR, Relay, Daya, Database.

Subjek

IOT
 

Katalog

IMPLEMENTASI SMART RELAY MENGGUNAKAN PIR MOTION SENSOR GUNA MENCAPAI SMART AND GREEN BUILDING: KASUS RUANG LABORATORIUM TELKOM UNIVERSITY LANDMARK TOWER (TULT) - WRAP Entrepreneurship (Capstone)
 
xv, 74p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANDI INDIRAHMAWATY
Perorangan
Erna Sri Sugesti, Nyoman Bogi Aditya Karna
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini