NDN HIGHSPEED - WRAP Entrepreneurship (Capstone)

MALLDI SAESAR ARIFFUDIN

Informasi Dasar

16 kali
23.04.7092
004.65
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Named Data Network (NDN) adalah konsep jaringan masa depan yang mengatasi beberapa masalah yang ada dalam arsitektur internet saat ini. Salah satu keuntungan utama NDN adalah penggunaan caching konten di setiap router,  
memungkinkan akses data lebih cepat dan efisien. Seiring perkembangan teknologi jaringan internet, permintaan konten video terus meningkat setiap tahun. Oleh karena itu, optimasi dan pengiriman video memerlukan kecepatan akses  
yang tinggi agar client dapat menjalankan konten dari server tanpa hambatan. Berdasarkan pengujian sebelumnya di Laboratoium NDN-RG, ditemukan bahwa kecepatan transfer data dalam jaringan NDN hanya mencapai 0,8 MBps. Kecepatan tersebut masih jauh dari standar yang dianggap memadai jika dibandingkan dengan jaringan IP yang sedang digunakan saat ini.

Tugas akhir ini melibatkan eksplorasi penggantian forwarder dengan menggunakan NDN-DPDK (Named Data Network - Data Plane Development Kit) dan YaNFD (Yet another NDN Forwarding Daemon) yang dimana kedua forwarder ini dirancang untuk mendukung pemrosesan multi-core dan multithread. Adapun, penggantian protokol IP dan UDP dengan NDN-P4 menggunakan bahasa pemrograman P4. Implementasi dan analisis performa streaming video ini akan menggunakan parameter Quality of Service (QoS) seperti RTT, throughput, dan startup delay untuk mengukur kualitas streaming video disisi jaringan.Selain itu, dilakukan pengukuran CPU pada router yang paling dekat dengan client untuk mengevaluasi beban traffic yang diperlukan forwarder untuk mentransmisikan data.

Hasil implementasi dan analisis pada Tugas akhir ini dapat meningkatkan kualitas streaming video pada pengakses kedua dengan waktu RTT dibawah 1,1 s, throughput diatas 1,7 MBps, video startup delay dibawah 1,8 s, dan penggunaan  CPU dibawah 7%. Jika dibandingkan dengan penelitian sebelumnya, penggunaan YaNFD sebagai forwarder menghasilkan peningkatan sebesar 2 kali lipat. Hal ini menunjukan efektivitas dan keunggulan YaNFD dalam meningkatkan kualitas streaming video dalam jaringan NDN. 

Kata kunci: Named Data Network, P4, NDN-DPDK, YaNFD, Video Streaming

Subjek

COMMUNICATIONS NETWORK ARCHITECTURE
 

Katalog

NDN HIGHSPEED - WRAP Entrepreneurship (Capstone)
 
xvii,92p.: il,; pdf file
inggris

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MALLDI SAESAR ARIFFUDIN
Perorangan
Tody Ariefianto Wibowo, Leanna Vidya Yovita
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • TTI2J3 - JARINGAN KOMUNIKASI DATA
  • TTI2H3 - JARINGAN TELEKOMUNIKASI
  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini