Kepribadian manusia dapat memberikan wawasan yang berharga dalam pemahaman tentang perilaku individu. Dalam era digital yang dominan menggunakan media sosial untuk berkomunikasi. Memprediksi kepribadian seseorang lewat media sosial Twitter yang menjadikan platform populer yang mengumpulkan sejumlah besar data pengguna. Dari data ini dijadikan sampel untuk mendeteksi kepribadian Big Five pada pengguna twitter dengan menggunakan metode machine learning dengan algoritma C.45 dan Adaboost. penelitian ini juga dapat meningkatkan performa dari model klasifikasi dan menghasilkan analisis sentimen yang lebih akurat. kemudian didapatkan hasil bahwa algoritma C.45 lebih unggul performasinya pada penerapan dataset pengguna twitter dengan menggunakan parameter criterion="entropy", max_depth=10 didapatkan hasil 0.88 atau sekitar 88%. Hasil analisis sentimen diharapkan dapat memberikan gambaran yang lebih akurat tentang kepribadian pengguna Twitter berdasarkan model Big Five. Dalam rangka meningkatkan kinerja, diperlukan lebih banyak data yang seimbang. Dari hasil yang didapatkan tentunya perlu pengembangan dan pembelajaran lebih lanjut terkait parameter dan algoritma yang digunakan untuk menghasilkan akurasi yang lebih baik dimasa mendatang.