iPusnas adalah sebuah perpustakaan digital yang dikelola oleh lembaga Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. iPusnas bertujuan untuk memfasilitasi pembaca agar dapat membaca koleksi buku milik perpustakaan nasional menggunakan aplikasi pada smartphone. Seiring dengan penggunaan aplikasi iPusnas, ternyata terdapat keluhan terkait user experience pada aplikasi iPusnas, keluhan dari pengguna dituliskan pada aplikasi Play Store. Untuk menganalisis aduan yang diterima dari pengguna, peneliti melakukan evaluasi ketergunaan dengan menerapkan metode evaluasi Heuristic Evaluation. Metode Heuristic Evaluation bertujuan untuk mengevaluasi usability dari aspek aspek yang ada pada aplikasi iPusnas. Dari evaluasi dengan heuristic evaluation dihasilkan nilai Severity Ratings yang menunjukkan bahwa terdapat 7 permasalahan yang tergolong parah yang muncul dari tahap evaluasi awal. Sehingga berdasarkan nilai severity rating yang didapat perlu dilakukan perbaikan design berdasarkan aspek-aspek severity yang masih kurang. Peneliti melakukan rekomendasi perbaikan desain dengan menerapkan pendekatan Desain Berbasis Pengguna (User Centered Design - UCD). Pengujian ulang mengggunakan metode heuristic evaluation dari rekomendasi design aplikasi menunjukkan penurunan permasalahan pada kesembilan indikator tersebut dengan nilai severity ratings masing-masing dibawah nilai 2.5, sehingga tidak perlu diadakan perbaikan lebih lanjut. Kemudian dari hasil pengukuran nilai menggunakan skala likert didapatkan nilai 82% dengan keterangan Sangat Setuju. Berdasarkan hasil evaluasi dari metode heuristic evaluation dan pengujian menggunakan skala Likert, pendekatan ini dapat digunakan untuk menilai tingkat ketergunaan dari sebuah sistem, yang selanjutnya dapat menjadi panduan untuk melakukan perbaikan pada sistem tersebut.