Video game memiliki pengaruh besar dalam perkembangan manusia. Banyak aspek dalam kehidupan manusia yang kini telah terpengaruh oleh video game contohnya seperti di bidang olahraga yang juga dikenal dengan istilah e-sport. Perkembangan dunia e-sport memacu banyak inovasi dalam mengembangkan aplikasi olahraga digital yang dasarnya merupakan video game, salah satunya adalah virtual cycling, yaitu sebuah olahraga bersepeda yang dilakukan dalam lingkungan virtual. Namun dari sekian aplikasi virtual cycling yang sudah ada, belum ada yang menampilkan konten lokal Indonesia sehingga sebagai salah satu bentuk inovasi dalam negeri, sebuah tim startup bernama Gowes Virtual membangun aplikasi game virtual cycling untuk Indonesia. Dalam proses penyiapan proyek, diketahui bahwa banyak orang merasa malas untuk bermain game sekaligus berolahraga sehingga untuk bisa mendorong motivasi tersebut penulis menawarkan untuk menggunakan konsep gamifikasi dalam fitur-fitur game Gowes Virtual dengan mengadopsi octalysis gamification framework yang diketahui memiliki pengaruh dalam memicu motivasi seseorang untuk bermain game. Untuk bisa memastikan apakah para pemain merasakan motivasi tersebut, penulis melakukan pengujian terhadap gameful experience pemain untuk mengukur motivasi yang dirasakan melalui engagement pemain terhadap game Gowes Virtual.