Karet memiliki peran penting bagi perekonomian Indonesia. Luas kebun karet saat
ini adalah 3,6 juta ha yang mampu memberikan lapangan kerja bagi 2,5 juta kepala
keluarga. Kelangsungan usaha ini sangat dipengaruhi oleh harga karet dan
kinerjanya baik secara internasional maupun domestik. CV Aruna Rubber
merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri karet yang sudah
berdiri sejak tahun 1990 sampai sekarang, yang berarti sudah berumur 33 tahun
semenjak pertama kali perusahaan ini didirikan. CV Aruna Rubber memproduksi
olahan karet pada proses ke tiga yang dinamakan crumb rubber/compound dan ke
empat pada kategori olahan perlengkapan kendaraan dan perlengkapan teknik
industru pada pohon industri dari hulu ke hilir industri karet.. Dan jika ditotalkan
CV Aruna Rubber sudah memproduksi lebih dari 100 produk yang terbuat dari
karet sesuai kategori yang sudah di cantumkan di lampiran.
Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk membantu CV Aruna Rubber
menyelasaikan masalahnyaa dengan perancangan strategi pemasaran usulan
dengan metode analisis SWOT dan QSPM. Permasalahan CV Aruna Rubber adalah
penurunan omset penjualan selama 4 triwulan terakhir, dan disini penulis
menyelesaikan masalah tersebut menggunakan metode QSPM dan analisi SWOT
dengan tujuan, semoga kedepannya CV Aruna Rubber dapat menemukan
alternative solusi dalam strategi pemasarannya untuk meningkatkan penjualan pada
triwulan selanjutnya.
Dari masalah tersebut penulis merancang strategi pemasaran menggunakan analisis
swot dan QSPM sebagai solusi dalam permaslahan yanag ada. Hasil yang
didapatkan penulis juga berupa roadmap strategi dan desain integrasi sistem dalam
mengimplementasikan strategi usulan yang ada.
Kata Kunci : Quantitative strategic planning matrix (QSMP), Pemasaran,
Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats), Industri
Karet