Di era teknologi yang semakin maju ini, permasalahan kesehatan mental semakin banyak ditemukan. Dalam permasalahan ini masyarakat khususnya pelajar memerlukan media konsultasi dan bimbingan untuk mengurangi permasalahan yang mereka alami.
Merujuk data Unit Audit Internal Telkom University persentase mahasiswa puas sebanyak 63%, mahasiswa sangat puas sebanyak 32%, mahasiswa kurang puas sebanyak 4%, dan sangat tidak puas sebanyak 1%. Dari data yang diperoleh, Bagian Layanan Akademik dan Konseling memperoleh rata-rata skor kepuasan pada aspek “Kemudahan Proses Layanan Bimbingan dan Konseling Melalui Dosen”.
Oleh karena itu, dalam penelitian ini penulis mengusulkan wadah proses bimbingan konseling dilakukan secara online. Dalam penelitian ini penulis membuat Aplikasi Konseling Berbasis Handphone Android dengan Metode Waterfall dalam implementasinya.
Untuk proses pengujiannya, Aplikasi Konseling ini dilakukan melalui Pengujian Alpha dan Pengujian Beta. Hasil Pengujian Alpha menunjukkan bahwa aplikasi dapat berjalan sesuai fungsi dan fiturnya dengan melakukan pengujian yang dilakukan dengan salah satu konselor bernama Bapak A. Darajat Basallama dengan jabatan sebagai Kepala Bidang Pengembangan Karakter dan Konseling yang bekerja di bagian tersebut. Direktorat Kemahasiswaan Telkom University. Hasil Pengujian Beta dengan menyebarkan kuisioner yang berisi pertanyaan pengujian mengenai fungsionalitas Aplikasi Konseling dengan Metode Skala Kegunaan Sistem yang menghasilkan rata-rata skor persentase kepuasan sebesar 97%.
Kata Kunci: Aplikasi Konseling, Mobile Android, Metode Waterfall.