Manajemen persediaan adalah hal krusial bagi rumah makan untuk memastikan kelancaran proses produksi dan penjualan. Namun, rumah makan Alam Mutiara di Lampung menghadapi beberapa permasalahan seperti kurangnya aplikasi manajemen bahan baku, pencatatan manual yang merepotkan, dan laporan bahan baku yang tidak fleksibel. Untuk mengatasi masalah ini, dapat menggunakan metode RAD (Rapid Application Development) dengan model konseptual sistem. Metode ini dipilih karena fleksibilitas, kemudahan implementasi, waktu pengembangan yang singkat, dan biaya yang rendah. Penelitian ini dilakukan oleh satu orang, sehingga RAD menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, penelitian ini juga akan diuji dengan menggunakan black box testing dan load testing. Fitur penting yang diperlukan untuk mengatasi masalah di Alam Mutiara adalah input barang masuk dan keluar secara otomatis, monitoring stok barang, dan pembuatan laporan otomatis. Dengan demikian, pegawai dapat lebih efisien dalam mengelola persediaan bahan baku. Hasil penelitian ini memberikan manfaat yang signifikan, terutama bagi pegawai gudang, meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses bisnis secara keseluruhan. Selain itu, penelitian ini juga bermanfaat bagi peneliti lain yang ingin mengembangkan sistem informasi dalam manajemen inventori. Dengan adanya aplikasi manajemen persediaan yang diusulkan, diharapkan rumah makan Alam Mutiara dapat mengoptimalkan operasional mereka dan meningkatkan kepuasan pelanggan dengan menyediakan makanan dan minuman yang konsisten tersedia.