Media sosial saat ini dapat digunakan untuk melakukan transaksi jual beli secara online seperti e-commerce. Hal tersebut menunjukkan media sosial telah menambah fitur tambahan yang semakin lengkap. Fitur tersebut memfasilitasi masyarakat untuk bisa berbelanja online secara langsung sehingga memudahkan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motif seorang pengguna TikTok generasi Z dalam berbelanja di TikTok Shop yang bertindak konsumtif. Teori motif yang digunakan berdasarkan teori motif Alfred Schutz yaitu because motive (sebab) dan in-order-to motive (tujuan). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan fenomenologi Alfred Schutz. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara kepada masyarakat generasi Z sebanyak delapan informan. Hasil penelitian bahwa motif belanja online generasi Z di TikTok Shop bertindak konsumtif yaitu because motive dan in-order-to motive. Because motive (motif sebab) yaitu motif pengguna aktif, motif persuasif, motif penawaran, motif aksesibilitas, dan motif informatif. In-order-to motive (motif tujuan) yaitu motif ekonomis, motif kepuasan, dan motif keaktifan. Dari kedua motif tersebut maka generasi Z penelitian ini bertindak konsumtif dalam pembelanjaan yang impulsif.
Kata Kunci: fenomenologi, motif, tindakan konsumtif, tiktok shop, generasi Z