Analisis Preferensi Masyarakat Indonesia terhadap Kehadiran Mobil Listrik - Dalam bentuk buku karya ilmiah

WIDI SRIWAHYUNI PASARIBU

Informasi Dasar

320 kali
23.05.335
658.81
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

ABSTRAK

Perubahan iklim dan polusi udara menjadi isu penting bagi seluruh dunia, termasuk Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah emisi kendaraan bermotor, United Nations Environment Programme (UNEP) menyatakan bahwa sebanyak 6,5 juta jiwa meninggal setiap tahunnya dikarenakan paparan kualitas udara yang buruk. Pemerintah Indonesia melalui Perpes 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai terus berupaya untuk mengatasi masalah tersebut. Saat ini, mobil listrik dianggap salah satu respons untuk mengurangi polusi udara, terlebih khusus jenis Battery Electric Vehicle (BEV). Namun, hingga saat ini persentase pengguna mobil listrik di Indonesia masih sangat sedikit bahkan persentasenya tidak lebih dari 0,5%. Hal ini dikarenakan beberapa faktor seperti harga yang relatif tinggi, daya baterai yang dinilai capat habis, fasilitas infrastruktur yang masih minim, serta insentif atau kebijakan. Kehadiran dan diterimanya mobil listrik oleh masyarakat Indonesia tidak terlepas dari kebutuhan yang berbeda dan pendorong masyarakat dalam membeli mobil listrik. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui preferensi masyarakat Indonesia terhadap kehadiran mobil listrik. Yang diukur melalui lima atribut (harga pembelian, driving range, ketersediaan mode fast charging, kebijakan insentif, dan tipe muatan kendaraan), level, dan stimuli. Masih sedikitnya penelitian yang membahas preferensi dengan objek mobil listrik di Indonesia menjadi salah tujuan penelitian ini. Penelitian bersifat kuantitatif dengan tujuan deskriptif memperoleh data melalui teknik pengumpulan penyebaran kuesioner dengan skala likert terhadap 385 responden yang dihitung dengan menggunakan rumus Bernoulli. Kemudian data akan diolah menggunakan teknik analisis konjoin dengan bantuan software SPSS Versi 27.

Kata Kunci: Atribut, Konjoin, Level, Mobil Listrik, Preferensi, Stimuli

Subjek

Marketing
Marketing managemen,

Katalog

Analisis Preferensi Masyarakat Indonesia terhadap Kehadiran Mobil Listrik - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WIDI SRIWAHYUNI PASARIBU
Perorangan
Achmad Manshur Ali Suyanto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • MMFB23 - PEMASARAN ERA DIGITAL
  • EMI1K2 - PERILAKU BISNIS DIGITAL
  • MMKA12 - PERILAKU KONSUMEN
  • EMI1J2 - PERILAKU KONSUMEN DIGITAL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini